TIPS DISAYANG ADVERTISER

Adalah sangat menyenangkan jika ada seseorang yang menyayangi kita. Begitu juga hal ini tidak lepas dari kehidupan para blogger matre. Menjadi anak kesayangan bagi advertiser dalam program PTR adalah suatu kebanggaan dan kenikmatan tersendiri. Kalau seorang blogger disayang-sayang advertiser, tentunya penghasilan dari hasil reviewnya juga pasti gemuk. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi anda. Bisa saja seorang advertiser tertarik bukan karena status dan kekayaan blog anda dalam segi status, tapi dari gaya bahasa, kerapian, dan profesionalisme yang dapat dilihat dari kedisiplinan blogger dalam meng-update postingannya.

Terus terang, saya sendiri bukan tipe anak kesayangan dari beberapa program review yang saya ikuti. Kebanyakan review yang saya kerjakan adalah job buangan dari blogger-blogger yang sangat sakti mandraguna di dunia persilatan maya ini. Walaupun demikian, ada beberapa usaha supaya kita disayangi oleh advertiser. Tiada hasil tanpa kita berusaha, jadi tidak ada salahnya bila kita berusaha melakukan sesuatu demi kemajuan kita. Demikian tips atau lebih spesifiknya usaha agar kita disayang oleh advertiser, minimal dilirik deh, hehehe….

Buatlah tampilan blog yang professional, mudah diakses dan enak dipandang mata. Dalam program paid review, advertiser memiliki pertimbangan untuk setiap penawaran yang diajukan oleh setiap blogger. Sebelum menyetujui tawaran, mereka juga akan mampir ke blog kita dan melihat apakah blog yang menawar sesuai dengan kriteria atau tidak. Paling tidak jika tampilannya menarik, mereka akan mempertimbangkannya. Kebanyakan advertiser jarang melirik blog yang tampilannya biasa-biasa saja walaupun statusnya bagus. Jadi, pilihlah layout yang kelihatan bagus dan ga harus menyolok. Paling tidak enak dipandang mata. gitchuuuu…

Buatlah deskripsi blog anda yang menarik. Paling tidak pada deskripsi blog anda di programm review, jelaskan tentang kemampuan menulis anda, status blog juga bisa mendukung (jika memang bagus). Pokoknya tulis yang membuat advertiser melirik blog kita, bahkan anda bisa “banting harga” bila perlu dengan menambahkan kalimat “feel free to advertise here for low price“, itu juga konon manjur lho, mungkin juga itu menarik simpati, hehehe…

Apabila anda mendapatkan job, kerjakanlah secepatnya. Ini juga menjadi pertimbangan pada segi respon dan kesigapan blogger dalam mengerjakan tugasnya, bahkan menambah reputasi anda sebagai blogger teladan. Banyak blogger senior yang menyepelekan hal ini dan akhirnya mereka dipecat karena ada job yang terlewatkan untuk dikerjakan, entah karena alassan sibuk, jarang buka email, atau apalah. Yang jelas jika anda memang serius dalam bisnis ini, anda harus siaga selalu karena kadang job review bisa datang kapan saja tanpa ketuk pintu dulu. Begitu job sudah ditangan, langsung kerjakan dan selesaikan saat itu juga. Jangan suka menunda pekerjaan karena itu adalah sifat yang tidak baik.

Buatlah review dengan sepenuh hati. Walaupun banyak blogger yang mengerjakan review asal-asalan, tapi tidak ada salahnya mengerjakan job dengan benar. Itu juga menjadi nilai tambah bagi anda. Buatlah tampilan postingan review sebagus mungkin. Bisa diberi gambar, skema, atau video tentang website yang bersangkutan.

Yang terakhir, ini saya dapatkan dari seorang pendekar blogger yang cukup sakti. Pada beberapa program seperti Buyblogreviews dan Linkworth, kita dapat mengirimkan pesan kepada advertiser saat kita selesai mengerjakan job. Jangan sekedar bilang “it’s over” pada kolom pesan. Buatlah pesan yang mengundang simpati. Mungkin ini bisa ditiru, seperti ini :

“Dear, I just finished the task you ordered to me. I’ll make sure that the requirement such anchor text links has been placed correctly. Anyway if you have another one, I still have some blogs that might interest you (sebutkan blog beserta statusnya). Thanks for entrust me to do your order, I will gladly to accept another job from you”.

Kira-kira seperti itulah, konon dapat membuat advertiser jatuh cinta ama kita, apaalagi kalo advertisernya cewek masih muda, pasti pada seneng tuh :). Semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan berkarya. Jangan kalah dengan Ponari yang cuma modal batu bisa berpenghasilan 75 juta per hari. Kita, blogger yang bersenjatakan komputer atau laptop harus bisa lebih dari itu. Haha, becanda, jangan ditanggapi. Semoga beruntung. Salam sensass…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *