TIPS BERMAIN DOMAIN PARKING

Pernah dengar istilah “domain parking”? Buat yang masih pemula mungkin bingung mendengar istilah ini. Mereka mungkin berpikir apa domain itu seperti sebuah kendaraan kok bisa diparkir sih? Apa benar bisnis domain parking bisa menghasilkan passive income seperti yang banyak dikatakan oleh para netter senior? lalu bagaimana cara kerjanya? Makannya saya jelaskan definisi dari domain parking. simak yang buat yang belum ngerti. Awas kalo ga nyimak resiko ditanggung penumpang :)

Jadi, domain parking adalah kita “menitipkan” domain kita (yang berbayar tentunya) pada suatu situs layanan parkir domain. Nantinya kita harus setting domain kita sesuai dengan petunjuk, misalnya setting server. Setelah itu domain kita akan diisi iklan. Dari iklan itulah kita mendapatkan bayaran. Jika ada yang berkunjung ke domain kita dan mengklik iklan yang yang diparkir atau dititipkan di domain kita, uang masuk. Sistemnya sama seperti Google Adsense, bukan?

Lalu bagaimana cara kerja DomPark (domain parking) yang sebenarnya? Misalkan anda punya sebuah domain namaanda.com, pengunjungnya sudah ribuan per hari. Tapi anda sudah mulai malas untuk mengelolanya. Jika domain tadi dialihkan ke parkiran, traffic domain anda juga akan dialihkan ke tempat yang penuh dengan iklan berbayar. Anda akan mendapatkan penghasilan jika pengunjung melakukan klik pada iklan disana. Jelas, bukan?

Lalu bagaimana jika kita berniat memarkir domain yang masih baru? Belum ada traffic, pagerank, alexa? Hmm, sebelumnya saya katakan duluan bahwa bisnis domain parking bukanlah cara untuk memperoleh uang secara instant. Tentu saja butuh perjuangan untuk sukses dalam bisnis ini. Untuk sebuah domain yang sudah berumur, mungkin ini akan sangat mudah. Tapi jika domai yang diparkir baru lahir, jelas mustahil untuk mendapatkan klik dari pengunjung. Diklik sendiri? Boleh, tapi resiko tanggung sendiri jika suatu hari anda dapat surat talaq dari web pengelola domain parking yang anda ikuti :)

Saya akan berikan sedikit tips bagaimana mengelola bisnis domain parking untuk pemula. Sebelumnya anda harus punya domain yang berbayar dulu. Jangan menggunakan domain gratisan seperti co.cc, co.nr, dll karena tidak bakalan bisa. Anda bisa membeli domain di namecheap via Paypal atau yang lokal di dodoldomain via bank transfer. Harganya saya rasa cukup murah, paling tidak $10 saja. Saran tapi tidak harus, belilah domain yang kata-katanya mudah diingat dan dirasa sering dicari orang di search engine. Setelah selesai, silahkan anda mendaftar di situs layanan parkir. Dalam hal ini saya merekomendasikan Namedrive sebagai “ladang parkir”



Mengapa Namedrive? Karena ini salah satu situs parkiran terfavorit dan mudah registrasinya. Tidak seribet Sedo (sedo mewajibkan kita memiliki e-mail berbayar untuk register). Selain itu, tampilan parkir Namedrive juga cukup bagus dan menarik. Kemudian setelah register anda tinggal pasang domain anda disitu. Eit, tapi masih belum selesai. Setelah itu anda harus setting domain anda dengan menambahkan server Namedrive, yaitu :
server 1 : ns1.fastpark.net (206.130.11.197)
server 2 : ns2.fastpark.net (216.8.177.29)
Setelah itu silahkan cek domain anda dengan mengaksesnya di tab browser. Akan muncul banyak iklan yang relevan dengan nama domain anda.

Lalu bagaimana caranya supaya domain baru kita bisa diklik orang? Ada 2 cara :

  • Iklankan domain anda di blog jika punya. Usahakan iklannya yang relevan, misalnya jika nama domainnya antivirusmu.com, iklankan dengan tema antivirus atau update antivirus terbaru. Jika perlu buatkan banner khusus untuk promosi domain anda itu.

  • Buatlah hosting untuk domain anda, atau dipasang sebagai domain kustom blog anda juga bisa. Sering-seringlah update sampai dirasa blog anda sudah banyak pengunjungnya. Jika sudah begitu, sesekali anda bisa parkir domain yang sudah banyak traffic itu. Jika sudah ramai kan otomatis banyak dicari orang, ya gak? Cara ini memang butuh waktu berbulan-bulan, tapi lebih bagus cara ini karena banyak traffic, otomatis berat di search engine.

One Response to TIPS BERMAIN DOMAIN PARKING

  1. adakah secara lengkap step by stepnya Om untuk daftar di namedrive..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *